ARTIKEL TENTANG E-MAIL
Surat
elektronik atau pos elektronik (bahasa Inggris: email)
adalah sarana kirim mengirim surat
melalui jalur jaringan
komputer (misalnya Internet).
Lima
langkah dalam proses pengiriman e-mail
Dengan
surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat
elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan
Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang
pembayarannya ditagih per pengiriman.
Sejarah
Surat
elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu
Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk
sebagai jaringan. Mulai
tahun 1980-an, surat elektronik
sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di
berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak
memakai jasa pos lagi.
Metode
pengiriman
Untuk
mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat
elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan.
Untuk lebih jelasnya lihat anjing Aaya → Internet → POP3 server penyedia e-mail
penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat dibaca si penerima
Terlihat
surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain komputer pengirim dan
penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat elektronik
meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak server-server lainnya.
Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita kirim disadap orang lain.
Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang
sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan, dengan mengacak (enkrip)
data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat
digital, dan lain-lain)
Cara
membaca surat elektronik
Surat
elektronik pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila
seseorang memakai koneksi ISP
untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu surat elektronik gratis.
Surat elektronik yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.
Ada
dua cara untuk mengakses surat elektronik:
Dengan
cara menggunakan peramban web,
seperti Mozilla
Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita
menggunakan media web
sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk
menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan daring. Layanan surat
elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan surel
gratis.
Menggunakan
program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail,
Outlook
Express, Windows Mail,
Mozilla
Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang
harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah
dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus
dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan
secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak
ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan surel secara luring. Dengan demikian
biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
Etika
penggunaan surat elektronik
Etika
dalam surat elektronik sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada surat
elektronik yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:
Jangan
mengirim surat elektronik dengan lampiran
(attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 kB). Tidak semua orang
mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut
melebihi kapasitas surat elektronik penerima, sehingga akan ditolak mailserver
penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia surat elektronik
juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran surat elektronik yang
dapat diterima (dan dikirim) penggunanya,
Jangan
mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang
yang dituju.
Selalu
isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
Dalam
mengutip tulisan orang lain, selalu usahakan mengutip seperlunya, jangan mau
gampangnya mengutip seluruh tulisan orang itu:
dalam
menjawab surat elektronik orang lain, kutip bagian yang kita tanggapi saja,
selain lebih jelas juga tidak memakan waktu / jatah akses penerima,
dalam
mengutip tulisan orang ketiga, ingat hak cipta: kutip sesedikit mungkin dan
rujuk ke tulisan aslinya.
Jangan
menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
Gunakan
kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan
berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
Keamanan
Keamanan
data di surat elektronik tidaklah terjamin dan selalu ada risiko terbuka untuk
umum, dalam artian semua isinya dapat dibaca oleh orang lain. Hal ini
disebabkan oleh karena surat elektronik itu akan melewati banyak server sebelum
sampai di tujuan. Tidak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap surat
elektronik yang dikirimkan tersebut.
Surat
elektronik dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu
program enkripsi yang populer adalah PGP
(Pretty Good Privacy). Dengan memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya
orang yang tertuju dapat mendekripsi dan membaca surat elektronik tersebut.
Kerugiannya adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya
harus memiliki program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum
penerima, dan melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut)
Salah
satu alat komunikasi saat ini untuk surat menyurat adalah Email. Dengan layanan
email ini, urusan surat menyurat menjadi sangat mudah dan pengirimannya juga
hitungan detik sampai ke alamat email yang dikirim.
Permasalahnya,
apa semua orang sudah mengerti apa ini email atau apa saja jenis layanannya?
Email
atau disebut elektronik mail, atau surat elektronis adalah surat dengan format
digital (ditulis dengan menggunakan komputer) dan dikirimkan melalui jaringan
komputer. Internet sebagai jaringan yang menghubungkan berbagai jarngan
komputer di dunia memungkinkan penyampaian surat elektrinis dengan cepat, Surat
elektrinis ini bisa sampai ke tujuan hanya dalam waktu beberapa detk, meskipun
jarak antara pengirim dan penerima berjauhan; terpisah beribu-ribu kilometer.
Pengiriman
e-mail biasa dilakukan dengna menggunakan protokol SMTP yang kepanjangan dari
Simple Mail Transfer Protocol. Dalam hal ini, mail server atau server yang
menagani email segera menghubungi tujuan dan kemudian mengirimkan surat.
Setiap
pengirim atau penerima e-mail memiliki alamat emaol. Contoh alamat email adalah
namamu@gmail.com. Untuk kata namamu itu unik alias tidak ada yang menyamakannya
dengan pemakai lainnya asal dalam domain (gmail) yang sama.
Menurut
layanan yang diberikan email dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu
POP mail, email berbasis web (webmail atau web based e-mail) dan email
forwarding.
POP
mail (Post Office Protocol) adalah e-mail yang diambil dari penyedia internet
(ISP_. Em-mail ini dapat diambil dari ISP dan kemudian ditempatkan pada
komputer klien. Dengan demikian, e-mail dapat diaca tanpa harus terhubung ke
internet. Namun, hal ini juga sekaligus menjadikan kelemahan jenis e-mail ini
karena e-mail yang sudah diambil tidak bisa dibaca dari tempat lain. Untuk
mengambil e-mail diperlukan program e-mail client, sepeti microshoft Outlook
atau mozilla thunderbird.
Webmail
adalah layanan e-mail yang ditujukan secara khusus untuk diakses melalui
browser. Dengan kata lain, pemakai e-mail bisa mengakses e-mail tnapa perlu
menggunakan program-program e-mail client. Layanan seperti ini dipelopori oleh
Hotmail. Saat ini selain Hotmail, terdapat banyak penyedia layanan Webmail.
Contohnya antara lain adalah Yahoo! Mail (mail.yahoo.com), Gmail
(gmail.google.com), Lycos Mail (,ail.lycos.com) dan web mail Plasa.com
(login.plasa.com). Keuntungan Webmail adalah pemakai dapat mengirim dan
menerima e-mail dari mana saja dengan cukup menggunakan browser.
Email
forwarding adalah fasilitas yang memungkinkan pengalihan suatu e-mail ke alamat
e-mail lainnya. Dengan kala talin, mail server yang melayani e-mail forwarding
hanya bertindak sebagai perantara. Cara seperti ini memberikan keuntungan bagi
pemakai bahwa alamat e-mail yang sebenarnya tidak terlihat oleh orang lain.
Namun, kelemahan e-mail ini adalah akan diterima sedikit lama karena melewati
tahapan pengalihan e-mail. Perusahaan web host sering menggunakan pendekatan
seperti ini terhadap kliennya.
Sejarah
E-mail
Surat
elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum
terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan computer yang terbentuk sebagai jaringan.
Konsep
e-mail sendiri pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson, seorang computer
engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt,
Beranek and newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.
Awalnya
Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSg yang bisa digunakan
untuk meninggalkan pesan pada sebuah computer, sehingga orang lain yang memakai
computer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu, ia melanjutkan
eksperimenya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga
program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke computer lain yang berada di dalam
jaringan ARPnet. Itulah awal terciptanya sebuah e-mail. Pesan e-mail yang
pertama kali dikirim Ray dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah
“QWERTYYUIOP”
Pada
tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘@’ sebagai identitas e-mail untuk memisahkan
user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at”atau”pada”.
Contoh
alamat e-mail :
Sahrudin
: nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju
dalam mailserver yahoo.com : nama mailserver tempat pengguna yang dituju,
rincianya : yahoo : subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke
suatu computer dalam lingkungan pemilik domain com : menunjukan bahwa domain
ini termasuk kategori bisnis/komersial (commercial0.
Sebuah
alamat e-mail terdiri atas dua bagian seperti contoh di atas yaitu di sebelah
kiri tanda @ disebut user id (paksiman), yang menunjukan identitas pemilik
e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama,
nickname, nomor atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambing @ (yahoo.com0
disebut domain name/hostname yang menunjukan identitas domain tempat e-mail
(mail server) tersebut disimpan.
Mulai
tahun 1980-an surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum.
Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai Negara menurun penghasilanya
disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian E-mail
E-mail
adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari
“Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik
berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat
email ke alamat lain di jaringan internet.
B. Manfaat Email
E-mail
dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh
dunia dengan biaya pulsa lokal.
Dengan
e-mail, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat
cepat.
Dapat
mengirim kepada lebih dari satu orang dengan saat bersamaan.
Dapat
mempermudah komunikasi dengan orang yang ada di seluruh dunia.
Digunakan
untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik.
C. Langkah-langkah membuat account E-mail
Berikut
ini langkah-langkah membuat e-mail :
Masukkan
alamat webnya melalui mozilla atau internet explorer, pada panduan ini
menggunakan mozilla
Maka
akan muncul jendela website yahoo.co.id sebagai berikut lalu klik daftar :
Lengkapi
Biodata Pribadi Anda pada Kotak Isian yang Telah Disediakan, seperti gambar
berikut :
Tentukan
Kata Sandi (kata sandi berfungsi untuk membuka email anda nantinya) dan ID
email (nama email anda, misal nama email yang anda pilih adalah anthrayuga,
maka alamat emailnya menjadianthrayuga@yahoo.co.id
dibaca : anthrayuga[et]yahoo[dot]co[dot]id), seperti pada gambar berikut :
dalam
membuat email, anda harus mengingat nama email anda serta kata sandi anda,
karena kedua hal tersebut akan selalu anda gunakan pada saat anda akan membuka
email anda nantinya !!!
Membuat
kata Pertanyaan serta Jawaban Pertanyaannya. Hal ini perlu dilakukan untuk
menanggulangi jika suatu saat nanti anda lupa kata sandi yang telah anda buat.
Anda
harus membuat atau memilih pertanyaan, dimana jawabannya yang akan selalu anda
ingat !!
Langkah
membuat email selanjutnya adalah Tulis Ulang Kode Validasi pada Kotak isian
yang Telah disediakan, Lalu Klik Buat Account Saya. Seperti terlihat pada
Gambar Berikut :
Jika
Proses Pendaftaran Sukses, Maka akan Muncul Tampilan sebagai berikut :
Selamat….
Anda sudah memiliki alamat email… EEiiiit tunggu dulu ada sebuah pesan
konfirmasi dari yahoo di kotak email anda, silahkan anda klik Lanjutkan seperti
terlihat pada gambar berikut :
D. Membuka E-mail
Jika
anda sudah memiliki alamat E-mail disaran satu situs webmail, untuk membaca dan
mengirim E-mail anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
Dengan
menggunakan browser di internet, masuki situs situs webmail anda, masukan nama
user (user ID) besrta password anda dengan benar, kemudia tekan enter atau klik
tombol sign up.
E. Melampirkan File pada Email
Bukalah
email anda
Klik
New di bagian atas jendela sebelah kiri, untuk menulis atau mengirim email.
Setelah
di klik New, kita akan dihadapkan pada kotak isian surat Yahoo.
Silakan isi seperti contoh berikut, mulai dari alamat yang dituju, subject dan isi surat kita.
Silakan isi seperti contoh berikut, mulai dari alamat yang dituju, subject dan isi surat kita.
Setelah
yakin, semua isian surat kita isi, cari di bagian atas, tombol Attach.
Tombol ini akan menghubungkan email kita dengan lokasi dimana kita menyimpan file atau foto yang akan kita kirimkan lewat email.
Tombol ini akan menghubungkan email kita dengan lokasi dimana kita menyimpan file atau foto yang akan kita kirimkan lewat email.
Selanjutnya
Yahoo akan mulai melampirkan file atau gambar yang kita sisipkan lewat tombol
attach tadi. Ini sama dengan proses Upload atau mengirimkan data ke internet.
tombol Cancel berfungsi untuk membatalkan file yang akan dilampirkan.
tunggu sampai proses scanning selesai….
tombol Cancel berfungsi untuk membatalkan file yang akan dilampirkan.
tunggu sampai proses scanning selesai….
Jika
proses scanning selesai tampilannya maka seperti Seperti ini……Jika proses
scanning sudah selesai, akan muncul tombol remove di sebelah kanan file atau
gambar yang akan kita kirimkan, yang berfungsi untuk menghapus lampiran file
tersebut, jika memang tidak jadi dilampirkan dan akan diganti dengan flampiran
lainnya.
Untuk melampirkan file atau gambar lainnya, kita tinggal meng-klik lagi tombol Attach untuk meng-upload file ke email.
Untuk melampirkan file atau gambar lainnya, kita tinggal meng-klik lagi tombol Attach untuk meng-upload file ke email.
Jika
semuanya sudah yakin terisi dan file yang akan kita lampirkan sudah muncul di
bagian lampiran (diantara subject surat dan isi surat)
Maka langsung kita tekan Send (=kirim)
Maka langsung kita tekan Send (=kirim)
F. Membaca Pesan Email Yahoo
Login
ke email yahoo http://yahoo.com/ atau http://yahoo.co.id/
Klik
Sign in/ masuk
Akan muncul gambar seperti ini:
Pada
kotak ID yahoo : tulis alamat email
Pada
kotak Sandi : isi dengan password/ kata sandi
Klik
“Mail”
Akan
muncul gambar seperti ini :
Bila
ingin membaca pesan inbox/ pesan masuk, klik “Judul Pesan”
Bila
tidak ingin membaca Pesan Masuk Centang/ klik kotak kosong sebelah kiri dibawah
tulisan DELETE (Jangan klik tulisan DELETE), lihat gambar
Lalu
klik Action/ Tindakan
Pilih
“Mark as Read/ Tandai sudah dibaca”
Maka
Angka pada “Inbox/ Pesan Masuk” akan hilang
G. Membalas Email
Klik
pesan untuk membukanya.
Klik
tombol “Balas” yang berada di atas Kotak Masuk. Jika Anda ingin membalas ke
setiap orang yang menerima email (jika Anda adalah anggota kelompok yang
menerima email tersebut), klik panah bawah di samping kanan tombol Balas, lalu
pilih “Balas Ke Semua.” Dengan cara ini, balasan Anda akan dikirim kepada semua
penerima pesan asli dan juga ke pengirimnya.
Jendela
Tulis akan terbuka. Jika Anda ingin menambah lagi penerima lainnya, Anda dapat
mengetikkan alamat email tambahan.
Tergantung
pada pengaturan “Tindakan Pesan” (lihat kotak di bawah), Anda akan melihat
semua, sebagian, atau tanpa pesan asli si pengirim (pesan yang sedang Anda
balas) di jendela Tulis.
Untuk
menyesuaikan pengaturan ini:
Klik
“Opsi” di sudut kanan atas halaman Yahoo! Mail Anda
Di
bawah “Manajemen” klik “Preferensi Umum.”
Anda
dapat memilih, apakah Anda akan menyertakan semua, sebagian atau tanpa pesan
asli dalam pesan balasan Anda. Jika Anda membuat perubahan,klik tombol “Simpan”
di sudut kiri atas atau bawah.
Jika
Anda memilih untuk menyertakan pesannya, Anda akan melihatnya di jendela Tulis
dengan simbol “>” yang diulang di bawah margin kirinya.
Ketik
balasan Anda. Jika Anda memilih untuk menyertakan pesan asli si pengirim dalam
balasan Anda, Anda dapat mengetik di bagian atasnya, di bawahnya, atau bahkan
di dalam pesan si pengirim itu sendiri — untuk merespons secara ringkas pada
bagian-bagian yang berbeda dari email mereka. Lihat contoh di bawah ini. Klik
kursor di mana saja untuk mulai mengetik.
Klik
“Kirim” untuk mengirim balasan Anda.
H. Menghapus Email
Buka
email anda
Buat
folder baru dengan klik “Add new” pada bagian folder mail di bagian kiri
halaman emai anda, kemudian masukkan nama folder
Buat
filter (penyaring) email masuk dengan menekan link Option > Create filter
Tentukan
nama filter, kemudian Pada form isian berjudul “From” isikan dengan alamat
email yang disaring, misal “facebook”
Untuk
tutorial lengkap pembuatan filter mail pada yahoo klik di sini
Sampai
pada tahap ini, Anda telah siapkan untuk hapus email dari sumber tertentu
dengan cepat, berikut langkanya:
Klik
folder tempat email yang telah difilter, misal sebelumnya anda membuat folder
“facebook” untuk menyaring email dari facebook, maka klik icon folder facebook
pada blog folder di bagian kiri halaman email anda.
Centang
dengan klik kotak select di bagian judul, langkah ini akan menyeleksi semua
email yg masuk pada folder tersebut
klik
tombol/link delete, kemudian tekan “yes” … ketika halaman kondirmasi muncul.
BAB
III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
E-mail
adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari
“Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik
berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat
email ke alamat lain di jaringan internet.
E-mail
dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di
seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
B.
SARAN
Sebagai
anggota masyarakat dan pengguna situs-situs email pada yahoo atau lainya.,
sehingga kita tidak lebih sibuk mengurusi dan menghabiskan waktu yang
seharusnya kita gunakan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara langsung
dengan orang yang ada disekitar kita, bukan dengan orang yang baru saja akan
kita temui di dunia maya.
Karena
dengan penggunaan email dan situs jaringan pertemanan lainya dengan baik, benar
dan bertanggung jawab, kita dapat menggunakan fasilitas-fasilitas umum itu
dengan nyamann, tidak mengganggu kepentingan orang lain dan aman.
Tahun
1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan
setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga
langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan
sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan
komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
0 Response to "Artikel E-mail Administrasi Perkantoran"