Tujuan
dan Manfaat
Tujuan
pelayanan prima adalah memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan memuaskan
pelanggan atau masyarakat serta memberikan fokus pelayanan kepada pelanggan.
Pelayanan prima dalam sektor publik didasarkan pada aksioma bahwa “pelayanan adalah pemberdayaan”. Pelayanan pada sektor bisnis
berorientasi profit, sedangkan pelayanan prima pada sektor publik bertujuan
memenuhi kebutuhan masyarakat secara sangat baik atau terbaik.
Perbaikan
pelayanan sektor publik merupakan kebutuhan yang mendesak sebagai kunci
keberhasilan reformasi administrasi negara. Pelayanan prima bertujuan
memberdayakan masyarakat, bukan memperdayakan atau membebani, sehingga akan
meningkatkan kepercayaan (trust)
terhadap pemerintah. Kepercayaan adalah modal bagi kerjasama dan partisipasi
masyarakat dalam program pembangunan.
Pelayanan
prima akan bermanfaat bagi upaya peningkatan kualitas pelayanan pemerintah
kepada masyarakat sebagai pelanggan dan sebagai acuan pengembangan penyusunan
standar pelayanan. Penyedia layanan, pelanggan atau stakeholder dalam kegiatan pelayanan akan memiliki acuan tentang
bentuk, alasan, waktu, tempat dan proses pelayanan yang seharusnya.
Tujuan Pelayanan Prima
Tujuan pelayanan prima antara lain sebagai berikut:
1. Untuk
memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan.
2. Untuk
menimbulkan keputusan dari pihak pelanggan agar segera membeli barang/jasa yang
ditawarkan pada saat itu juga.
3. Untuk
menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap pelanggan terhadap barang/jasa yang
ditawarkan.
4. Untuk
menghindari terjadinya tuntutan-tuntutan yang tidak perlu dikemudian hari
terhadap produsen.
5. Untuk
menciptakan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan.
6. Untuk
menjaga agar pelanggan merasa diperhatikan segala kebutuhannya.
7. Untuk
mempertahankan pelanggan.
Dari tujuan pelayanan prima tersebut diatas
Sebab tujuan utama dari pelayanan prima adalah untuk memenuhi kepuasan
pelanggan.
Manfaat service excellence di sektor publik
Jadi
dengan demikian perbaikan pelayanan sektor publik jelas merupakan kebutuhan
yang mendesak, bahwa dalam rangka reformasi administrasi negara, perbaikan
pelayanan kepada publik merupakan kunci keberhasilannya. service excellence bertujuan
memberdayakan masyarakat, bukan memperdayakan, sehingga akan menumbuhkan
kepercayaan publik atau masyarakat kepada pemerintahannya. Adapun kepercayaan
adalah awal atau modal dari kolaborasi dan partisipasi masyarakat dalam
program-program pembangunan.
Adapun
service
excellence akan bermanfaat bagi upaya peningkatan kualitas
pelayanan pemerintah kepada masyarakat sebagai pelanggan dan sebagai acuan
untuk pengembangan penyusunan standar pelayanan. Baik pelayan, pelanggan atau
stakeholder dalam kegiatan pelayanan, akan memiliki acuan mengenai mengapa,
kapan, dengan siapa, dimana danbagaimana pelayanan mesti dilakukan.
0 Response to "Tujuan dan Manfaat Pelayanan Prima"